JAM

Senin, 06 Mei 2013

Informasi Kesehatan Diri


Informasi Kesehatan Diri Gadis


Data diri memang penting buat kita, tapi data seputar kesehatan rasanya nggak kepikiran, deh! Padahal ada informasi seputar kesehatan diri sendiri yang penting untuk diketahui. Data ini berguna saat kita menjalani pemeriksaan ke dokter, ingin ikutan donor darah atau saat menjalani kegiatan yang berkaitan dengan fisik. Info penting tersebut antara lain:
  • Golongan darah. Ini sering diminta, baik saat di rumah sakit/dokter maupun saat mengisi dokumen resmi.
  • Alergi. Kita harus tahu alergi yang pernah dialami (jika pernah mengalami) serta penyebabnya. Termasuk, alergi terhadap obat. Biasanya, hal ini akan ditanyakan oleh dokter sebelum ia memberikan obat. Jika tidak ditanya, sampaikan saja hal ini.
  • Sakit yang pernah dialami. Yaitu, penyakit yang tergolong berat. Seperti yang memerlukan waktu lama untuk pemulihan atau yang membuat kita harus rawat inap. Antara lain, gejala typus dan typus, Deman Berdarah Dengue (atau gejalanya), operasi amandel dan sebagainya.
  • Obat yang dikonsumsi. Jika ada obat dan vitamin yang sedang kita konsumsi, jangan lupakan nama/jenisnya. Seandainya kita diberikan obat/ vitamin tambahan dari dokter lain, misalnya dokter kulit atau dokter gigi, kita harus memberi tahu obat yang sedang kita konsumsi tersebut.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Info ini bisa ditanyakan ke mama dan papa. Secara garis besar saja. Misalnya, apakah ada yang memiliki penyakit asma di keluarga atau alergi tertentu.
  • Makanan yang kita konsumsi. Jika kita ke dokter karena tidak enak badan/sakit, ingat-ingat apa saja yang kita konsumsi selama setidaknya 24 jam. Biasanya hal ini akan ditanyakan oleh dokter.  

0 komentar:

Posting Komentar